Minggu, 13 November 2016

Gambar Infografis Perbedaan Kopi Arabika vs Robusta

Pada masa ini kita mengetahui 2 jenis kopi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, yaitu kopi arabica dan robusta. Meski sebetulnya masih ada jenis kopi liberika yang lebih jarang ditanam oleh para petani kopi. Bagi orang awam, membedakan antara kedua jenis kopi tersebut memang susah. Karena tahunya cuma sekedar ngopi saja. :) Namun saat ini, banyak orang yang sudah membuat gambar penjelas atau biasa dikenal dengan istilah infografis yang memuat perbedaan kedua biji kopi tersebut.

Dari gambar pertama dibawah ini kita bisa mendapatkan informasi bahwa kopi arabica lebih banyak mengandung asam, lebih banyak diproduksi serta mengadung caffein lebih rendah daripada kopi robusta. Kopi arabica juga tumbuh didaerah yang lebih tinggi dari permukaan laut daripada kopi robusta.

Infografis Beda Kopi Arabica & Robusta
Infografis Beda Kopi Arabica & Robusta

Dari penjelasan gambar kedua bawah ini kita bisa mengetahui bahwa, mayoritas kopi saat ini adalah jenis arabica, yaitu sekitar 75%, dan sisanya 25% adalah jenis robusta. Kopi arabica lebih digemari daripada kopi robusta. Bisa jadi hal tersebut karena karakter rasa kopi arabica yang lembut dan beraroma daripada kopi robusta yang lebih pahit. Didapat informasi pula bahwa sebagian besar penikmat kopi adalah orang dewasa, bukan anak-anak. 

Grafis 2 Perbedaan Kopi Arabica vs Robusta

Dari grafis ketiga dibawah ini kita bisa mengetaui informasi perbedaan kopi arabika dan robusta lainnya, yaitu dari nama latinnya, bentuk bijinya, daerah asal ditemukan kopi ini hingga daerah penghasil kopi terbanyak untuk kedua jenis kopi ini. Dan ternyata Indonesia termasuk penghasil kopi robusta terbesar ketiga di dunia. Wow, kota-kota pecinta kopi dunia layak berterima kasih pada negeri ini. Ada juga pengetahuan penting untuk pecinta kopi namun yang memiliki gangguan lambung. Ternyata kandungan clorogenic acid (asam klorogenik)  dengan rumus kimia C16H1809 lebih tinggi di kopi robusta. Asam tersebutlah yang menyebabkan gangguan lambung pada penderita maag yang minum kopi.

Gambar 3. Beda Robusta & Arabika

Sedangkan pada informasi gambar keempat dibawah ini. Disajikan berbagai khasiat kopi untuk kesehatan. Diantaranya baik untuk mencegah dan membantu menyembuhkan penyakit kanker, asma, parkinson hingga alzheimer. Keren kan manfaat kopi untuk kesehatan?  Bahkan diberikan saran, bagi yang ingin berdiet, minumlah kopi 30 menit sebelum olahraga. Itu akan membantu membakar lemak-lemak dalam tubuh kita. Wow.

Gambar 4 Perbedaan Kopi Arabika & Robusta

Enak bukan memperoleh informasi perbedaan kopi arabica dan robusta lewat gambar ini? Jangan lupa berbagi dengan coffee addict lainya. [Kopi Luwak Harganya

3 komentar: